1. Jembatan Banpo (Korea Selatan) : Jembatan Air Mancur
Tanggal 9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan)
menjalani operasi facelift besar-besaran: sebuah air mancur 10.000
selang yang membentang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan
ini berubah menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini
menembakkan 190 ton air per menit menggunakan air sungai di bawahnya.
2. Jembatan Millau (Perancis): Jembatan Tertinggi di Dunia
Setinggi 1.125 kaki di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, mengarungi
Jembatan Millau bisa dikatakan seperti terbang. Karya Foster &
Partners ini sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel, memakan tiga
tahun untuk pembangunan dan dibuka pada umum tahun 2004. Selain
memberikan pemandangan lembah di bawahnya, ketika awan terbentuk di
bawah jembatan, Millau bukanlah rute bagi orang yang takut ketinggian!
Jembatan Millau memiliki panjang total 8.071 kaki dengan rentangan
tunggal terpanjang 1.122 kaki dan kejelasan maksimum di bawah adalah
886 kaki; jadi jembatan ini sangat indah dalam bentuk miniatur ataupun
bentuk aslinya. Dek jembatan ditopang oleh 7 pilon dan berbobot 36.000
ton. 7 menara, masing-masing setinggi 292 kaki dan berbobot 700 ton,
dipasang ke pilon penopang.
3. Henderson Waves (Singapura): Jembatan Pejalan Kaki Terindah
Pada ketinggian 36 meter atau 12 tingkat dari permukaan jalan, jembatan
ini merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura. Jembatan
sepanjang 300 meter ini menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok
Blangah Hill.
4. Jembatan Teluk Hangzhou (Cina): Jembatan Lintas Lautan Terpanjang di Dunia
Melintasi Teluk Hangzhou berdirilah jembatan lintas lautan terpanjang
di dunia, dengan panjang 35,673 kilometer (22 mil) dengan enam lajur
jalan tol dua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani kemacetan
lalu lintas di wilayah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu
tempuh antara Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam.
5. Rolling Bridge (Britania Raya): Jembatan yang dapat menggulung sendiri
Dirancang oleh Heatherwick Studio, Rolling Bridge pemenang penghargaan
ini terletak di Paddington Basin, London. Daripada menggunakan
mekanisme jembatan terbuka konvensional, yang terdiri dari elemen rigid
tunggal yang naik untuk membolehkan kapal lewat, Rolling Bridge
menggulung diri hingga dua ujungnya bertemu. Ketika dalam posisi
horizontal, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki besi dan kayu
normal; terbuka penuh, jembatan ini membentuk lingkaran di satu sisi
yang berbeda dari posisi lurusnya.
Dua belas meter panjangnya, jembatan ini dibuat oleh delapan bagian
besi dan kayu, dan dibuat melengkung oleh tenaga hidrolik yang dipasang
di handrail setiap bagian.
6. Jembatan Oliveira (Brazil): Jembatan kabel berbentuk X pertama di dunia
Jembatan Octavio Frias de Oliveira yang melintasi Sungai Pinheiros di
São Paulo, Brazil dibuka bulan Mei 2008. Setinggi 138 meter (450 kaki),
dan menghubungkan Marginal Pinheiros dengan Jornalista Roberto
Marinho Avenue. Desainnya unik dengan 2 dek melengkung melintas satu
sama lain melalui menara penopang berbentuk X.
7. Wind and Rain Bridge (Cina): Jembatan Bangsa Dong
Wind and Rain Bridge adalah simbol arsitektor bangsa minoritas Dong.
Wind and Rain Bridhe di Diping adalah yang terbesar dalam jenisnya di
Provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar Cina menetap. Jembatan
ini sepanjang 50 meter dan pertama dibangun tahun 1894 selama Dinasti
Qing 100 tahun yang lalu. Tetapi, struktur aslinya terbakar dalam
kebakaran besar 1959 dan yang dilihat pengunjung saat ini adalah
pembuatan ulangnya yang selesai tahun 1964.
Merupakan arsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin dan
baluster dalam berbagai ukuran dan bentuk. Badan jembatan terbagi
menjadi tiga bagian, yang terbesar di tengah berbentuk menara drum Cina
tradisional. Pilaster dan eave jembatan dihiasi dengan bunga dan
pahatan dan jembatan ini sangat unik.
8. Tower Bridge (Britania Raya): Jembatan Victorian Paling Terkenal dan Terindah
Selesai tahun 1894 oleh Horace Jones dan Wolfe Barry. Tower Bridge
(dinamai sesuai dua menara mencolok setinggi 141 kaki dan Tower of
London di dekatnya) adalah salah satu markah tanah terkenal di London
dan salah satu yang terindah di dunia. Jembatan sepanjang 800 kaki ini
memiliki spasi 28 kaki bila tertutup tapi terbuka di tengahnya hingga
mencapai 140 kaki yang membolehkan kapal berlayar di Thames. Di
hari-hari dimana barang dipindahkan melalui laut daripada udara
jembatan ini dinaikkan sekitar 50 kali setiap harinya.
Tower Bridge menggunakan 432 pekerja yang membangunnya selama 8 tahun.
Pada waktu itu mereka menenggelamkan 70.000 ton beton ke dalam 2 pier
besar, menempatkan 2 struktur penopang ke tempatnya yang masing-masing
berbobot 1.000 ton dan menghiasi seluruh jembatan dengan batu Portland
dan granit Cornish untuk menutupi 11.000 ton besi di bawahnya.
9. Jembatan Air Magdeburg (Jerman): Jembatan Air Terbesar di Eropa
Jembatan Air Magdeburg menghubungkan bekas Jerman Timur dan Barat di
Sungai Elbe, dan dibangun sebagai bagian dari proyek penyatuan kembali
Jerman. Sepanjang 1 km, jembatan air senilai 500 juta euro ini
membolehkan kapal angkut sungai menghindari kanal panjang yang padat di
sepanjang Elbe. Pengapalan sering terhadang di jembatan ini bila tanda
air sungai berada di tingkat terendah.
10. Ponte Vecchio (Italia): Jembatan Tertua dan Terkenal
Ponte Vecchio di Florence adalah salah satu atraksi turis terkenal di
Italia, dan dianggap sebagai jembatan lengkung batu tertua di Eropa,
meskipun banyak bagian yang lebih tua. Sebenarnya dibangun dari kayu
hingga akhirnya dihancurkan oleh banjir tahun 1333, dan dua belas tahun
kemudian jembatan dibangun kembali menggunakan batu. Terkenal karena
banyak pertokoan, jembatan ini merumahkan setiap orang mulai pedagang
dan tukang daging Abad Pertengahan hingga toko cinderamata dan penjual
karya seni.
10 Jembatan Terunik dan Terindah di Dunia
Posted by Imam Si Klepto Hati
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 Responses to "10 Jembatan Terunik dan Terindah di Dunia"
Posting Komentar